Ramadhan Vibes in Bandung

*especially in my family.
Sebelum mengetahui gimana sih kebiasaan bulan Ramadhan di Bandung aku kasih tau dulu keluargaku.




Itulah keluargaku, kami menyebutnya dengan sebutan "Jazabur Community". Yang intinya itu kami sekeluarga sangat suka sekali ngemil.

Dan di Bandung kebiasaan sebelum Ramadhan disebut "Munggahan" dan biasanya ada acara botram H-2 atau H-1 puasa. Nah munggahan tahun ini aku dan keluargaku buat berbagai macam hidangan yang jelas kami buat sendiri semua itu.



Dimulai dari,
Appetizer  : Zuppa zuppa.
Main course : Nasi tumpeng & tongseng iga sapi
Dessert : Cake marmer & chocheese puff pastry
Side dish : Pizza puff pastry, pangsit goreng & chicken wings.

Adanya munggahan, selain sebagai tradisi & sambil bermaaf-maafan sebelum melaksanakan rukun islam yang ke 3 juga untuk memperkuat ikatan kita sebagai makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain.

"Munggahan" itu sudah menjadi ciri khas berbagai daerah di Indonesia namun tidak semua sama. Dengan adanya perbedaan antara daerah satu dengan daerah lainnya, misalkan saya berasal dari Bandung dan sebelum puasa melaksanakan "munggahan" berbincang-bincang dengan Anita yang berasal dari Indramayu, yang dari daerahnya sebelum puasa melakukan "pawai obor". Anita menyampaikan dengan bahasa Indonesia di tambah logat jawanya dan saya dengan logat sunda.

Dengan adanya interaksi antara keduanya membantu mengenalkan kebudayaan menjadi lebih luas untuk dikenal masyarakat lainnya & dalam sebuah kebudayaan pun terkandung makna yang dapat kita ambil. Ya itulah hubungan komunikasi dengan kebudayaan yang ada di masyarakat khususnya saat bulan Ramadhan tiba.

Happy fasting & congratulation for all Moslem companion, this is our time to add some bounty.

                                                                          With love,
                                                                             Azzara M

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A lil bit about me

Laporan Kegiatan Praktek Profesi Magang (PPM) di Inspira TV

Spending 24/7 self quarantine for watching movie or some series